For Blogging From Blogger, Tutorial & Panduan seputar Blogspot

Breaking

Thursday 13 April 2017

Cara Memasang Widget di Blogger

Memasang Widget di blog
Blogger atau Blogspot adalah salah satu penyedia blog yang paling umum digunakan. Dengan menggunakan Blogger, maka Anda bisa memiliki situs Anda sendiri dan bisa membagikan apapun yang Anda inginkan
di dalamnya. Meski situs Anda kelak masih
memiliki embel-embel “blogspot.com” di ujungnya, namun Blogger masih menjadi pilihan karena,,,,,

kemudahan penggunaannya.
Selain mudah digunakan, Blogger juga memiliki satu hal lain yang membuat orang banyak meminatinya, yakni widget. Apa itu widget? Widget adalah alat atau perangkat yang bisa ditambahkan di halaman situs Blogger Anda. Salah satu contoh widget yang paling banyak digunakan adalah penunjuk waktu berbentuk jam dinding, ataupun widget yang akan memainkan musik jika situs Blogger Anda dibuka. Lantas, bagaimanakan cara menambahkan widget pada halaman situs Anda?
Blogger, seperti yang sudah dijelaskan, sangatlah mudah digunakan. Hal ini pun mencakup pada penambahan widget. Cara untuk menambahkan widget pada halaman Blogger Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Anda hanya perlu mengaksesnya melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Buka dasbor blog Anda
Dasbor adalah halaman pengeditan yang menjadi ruang kerja Anda di Blogger. Melalui dasbor-lah nantinya Anda akan bisa menambahkan atau melakukan apa saja pada blog Anda.

2. Masuk ke menu Tata Letak
Tata Letak adalah menu yang akan membuat Anda bisa mengatur letak-letak elemen dari halaman Anda. Hal ini juga mencakup widget.

3. Klik Tambahkan Gadget
Dengan mengklik Tambahkan Gadget, maka Anda akan melihat berbagai pilihan widget yang bisa Anda tambahkan ke halaman Anda. Pilihlah satu widget yang Anda rasa menarik atau memang perlu ditambahkan.

4. Jangan berlebihan
Pemula di dunia blog biasanya akan terkesima dengan kecanggihan blog mereka sendiri. Akhirnya, widget yang ditambahkan pun menjadi terlalu banyak dan membuat laman blog mereka penuh sesak. Oleh karena itu, tambahkan widget seperlunya saja.

5. Atur Tata Letak
Sebelumnya Anda telah melihat menu Tata Letak. Kegunaannya adalah untuk memindah-mindahkan elemen termasuk widget agar posisinya menarik pembaca dan tidak menganggu isi dari blog Anda yang sesungguhnya.
Itulah langkah menambahkan widget ke halaman blog Anda. 

Selamat mencoba Selamat berkreasi Salam dari @CyberClown ,,,

No comments:

Post a Comment