For Blogging From Blogger, Tutorial & Panduan seputar Blogspot

Breaking

Monday 17 April 2017

Cara Memasang Widget Contact Form di Halaman Statis


Contact form atau formulir untuk menghubungi pengelola blog merupakan suatu layanan yang hampir terlupakan. Padahal, dengan menyediakan contact form, seorang pengunjung akan merasa lebih nyaman karena diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan pemilik blog.
Sayangnya, contact form tidak dapat dimasukka di halaman statis atau halaman posting, melainkan hanya di sidebar atau kolom samping blog. Agar contact form ini terkesan lebih serius, ia harus berada di halaman statis. Oleh karena itu, simaklah ulasan berikut mengenai cara memasangnya di halaman statis.
1. Buka “Dasbor”, lalu klik “Template”
2. Klik “Tambahkan Gadget” dan pilh “Formulir Kontak”, sekarang formulir kontak atau contact form telah hadir di laman Anda. Sekarang, fokuslah ke tata letak halaman blog.
3. Seret widget Formulir Kontak yang baru Anda tambahkan sehingga ia terletak di bawah kolom postingan.
4. Berikutnya, Anda akan menyembunyikan Formulir Kontak tersebut melalui klik “Template” dan klik “Edit HTML”. Cari kode di bawah ini 
]]></b:skin>
Copy paste kode di bawah ini tepat sebelum kode di atas.
.widget.ContactForm {
display: none;
}
Simpan perubahan yang telah Anda buat.
5. Sekarang, buatlah halaman statis dengan cara masuk ke menu Laman dan pilih “Laman Baru”, setelah itu pilih lagi “Laman Kosong”.
6. Di dalam editot HTML, copy paste kode di bawah ini.
<style type="text/css">
.widget.ContactForm {
display: block;
}
.post-footer {
display: none;
}
#blog-pager {
display: none;
}
.blog-feeds {
display: none;
}
.widget.ContactForm .title {
display: none;
}
.widget.ContactForm * {
max-width: 100%;
}
</style>
7. Simpan dan publikasikan blog Anda
Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kini blog Anda akan memiliki sebuah laman baru yang statis dan berisi formulir kontak. Jadi, apabila Ada pengunjung yang ingin memberikan masukan atau menghubungi Anda, maka mereka bisa diarahkan untuk membuka halaman formulir kontak ini. Manfaat dari menggunakan laman statis untuk formulir kontak adalah memberikan kesan serius bahwa Anda bersedia dihubungi dan pengunjung akan merasa nyaman dan percaya kepada blog Anda.
Selamat mencoba Selamat berkreasi Salam dari @CyberClown ,,,

No comments:

Post a Comment