For Blogging From Blogger, Tutorial & Panduan seputar Blogspot

Breaking

Saturday 15 April 2017

Cara Memasang Template Blogger

Siapa yang tidak kenal Blogger alias Blogspot? Salah satu kelebihan dari Blogger adalah kemudahan penggunaan dan juga tersedianya banyak pilihan template yang bisa Anda gunakan. Apa itu template? Template adalah kerangka dari sebuah halaman website.
Dengan menggunakan template, maka Anda tidak perlu pusing memikirkan posisi elemen pada halaman atau mengatur gambar yang menjadi latar belakang. Semua itu sudah diatur oleh template. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memikirkan konten atau isi dari blog Anda. Jika Anda tertarik, ikutilah langkah demi langkah untuk mengganti template Blogger Anda berikut ini.
1. Mencari template Blogger
Blogger sebenarnya telah menyediakan template bawaan. Namun, template bawaan Blogger tidaklah terlalu banyak. Jika Anda ingin memiliki blog yang unik, maka template bawaan Blogger jelas bukan pilihan. Untuk itu, carilah template Blogger di tempat lain. Cukuplah ketikkan kata kunci “Free Blogger Template” pada mesin pencari Google. Mengapa harus Free? Sebenarnya ada juga template yang berbayar. Namun, untuk langkah awal, gunakanlah yang gratis terlebih dahulu.
2. Download template
Setelah menemukan situs yang menyediakan template Blogger gratis, maka unduhlah template tersebut. Template biasanya secara default diunduh dalam bentuk kompres (.zip atau .rar). Setelah itu ekstrak file kompres template tersebut.
3. Buka menu Template pada dasbor Blogger Anda
Setelah mengklik menu template, Anda akan melihat di sebelah kanan atas layar sebuah tombol dengan tulisan “Cadangkan/Pulihkan”. Klik pada tombol itu dan Anda akan diminta untuk mengunduh template yang saat ini sedang Anda gunakan. Sebagai sara, unduhlah template Anda saat itu sebagai cadangan apabila penggunaan template baru mengalami kegagalan.
4. Unggah template baru
Setelah itu, Anda bisa kembali mengunggah template ke Blogger melalui menu unggah di bawahnya dan pilihlah file .xml yang ada di folder hasil ekstrak template baru Anda yang Anda dapatkan dari situs di luar Blogger (langkah 2 di atas).
Setelah terunggah, maka template baru tersebut secara otomatis akan menjadi template Anda di Blogger.
Selamat mencoba Selamat berkreasi Salam dari @CyberClown ,,,

No comments:

Post a Comment