For Blogging From Blogger, Tutorial & Panduan seputar Blogspot

Breaking

Sunday 18 June 2017

Apa Perbedaan Website dan Blog? Ini Penjelasannya

Meskipun keduanya tergolong dalam kategori situs web, namun website dan blog memiliki banyak perbedaan yang cukup mendasar. Hal ini ditengarai oleh perbedaan sistem yang dijalankan oleh keduanya. Sebuah website dijalankan secara mandiri oleh pemilik website dengan bantuan hosting dan lain sebagainya. Sedangkan blog adalah sebuah situs kecil yang dikelola oleh sebuah penyedia blog professional yang handal.
Untuk lebih jelasnya, silakan simak 5 perbedaan antara website dan blog dari berbagai sudut pandang berikut ini.


  1. Konten

Sebuah blog memiliki konten yang kurang spesifik. Artinya, sebuah blog bisa saja berisi berbagai konten yang tampak tidak serupa, walau masih dalam ruang lingkup yang sama. Berbeda dengan blog, sebuah website memiliki kecenderungan untuk menampilkan konten yang hampir serupa. Konten-konten tersebut akan mengarah ke satu perusahaan atau satu orang yang sama dan spesifik.

      2. Formalitas Konten

Selain  isi kontennya, formalitas penyampaian dari website dan blog juga berbeda. Sebuah blog akan tampak lebih luwes dalam penyampaian kontennya. Sementara itu, sebuah website justru tampak kaku. Hal inilah yang lantas membuat website menjadi lebih profesional dibanding blog. Namun, bila tujuannya adalah untuk share informasi, sebuah blog tampak lebih baik.

       3. Interaksi Pengguna dan Penulis

Di dalam sebuah blog akan sellau tersedia berbagai macam fitur interaksi, seperti kolom komentar dan juga tombol share untuk social media. Di sisi lain, sebuah website tampak memberikan informasi secara satu arah. Akan sulit bagi pengunjung blog untuk memberikan komentar dan lain sebagainya.

       4. Search Engine

Kecuali website yang sangat ternama, sebuah website biasanya lebih sulit untuk ditemukan oleh Google. Hal ini lantara isi website yang cenderung statis. Perlu diingat bahwa Google melakukan pengindeksan atau pendaftaran website tergantung pada fluktuasi pengisian konten. Tak heran, sebuah blog justru lebih mudah ditemui.


Empat hal tersebutlah yang mendasari perbedaan antara sebuah blog dan website. Jika Anda ingin mengembangkan sesuatu di dunia maya melalui situs, pastikan dahulu kebutuhan Anda dan pilihlah antara blog dan website yang sekiranya lebih memenuhi kebutuhan Anda.

Selamat mencoba Selamat berkreasi Salam dari @CyberClown ,,,

No comments:

Post a Comment