For Blogging From Blogger, Tutorial & Panduan seputar Blogspot

Breaking

Sunday 16 April 2017

Tips Membuat Template Blog Jadi SEO

Search Engine Optimization (SEO), atau optimasi mesin pencari, dapat dilakuakn dari segala aspek blog, tidak terkecuali template. Dengan menggunakan template dengan karakteristik tertentu, maka Anda dapat membuat blog Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Bagaimana kriteria tersebut? Simak ulasannya berikut ini.
1. Isi Format Title Tag Judul Halaman Saja
Jika judul halamannya adalah “Tutorial Blogging”, maka jadikan itu sebagai title dan tag Anda. Jangan tambah embel-embel seperti “Tutorial Blogging – Tutorial Blogging Pemula”. Hal ini akan membuat title dan tag menjadi rancu bagi mesin pencari.
2. Isi Meta Description Seperlunya
Jangan gunakan satu kata yang sama di beberapa tempat. Pastikan meta description Anda terbaca sebagai deskripsi yang natural dan tidak dibuat-buat untuk menjaring pencarian.
3. Header
Letakkan Header di posisi teratas dan gunakan Heading h1. Selain itu, pastikan Header tersebut menampilkan judul halaman.
4. Breadcrumbs
Breadcrumbs adalah semacam jejak yang memberitahu pengunjung dimana mereka berada dan halaman apa saja yang telah mereka lalui untuk sampai di halaman mereka saat ini. Menggunakan breadcrumbs, selain membantu pengunjung memetakan situs atau blog Anda, juga membantu mesin pencari dalam menemukannya.
5. Penggunaan Keyword Pada Artikel
Artikel memang harus mengandung keyword agar SEO-friendly. Namun, perhatikan pula densitas atau kepadatanya. Rata-rata artikel secara alami harus mengandung 3 keyword, dimana 2 di antaranya boleh dicetak tebal (bold). Jika terlalu banyak, maka kemungkinan besar artikel tersebut akan dianggap spam dan tidak disukai oleh mesin pencari.
6. Hindari Script Berat
Script adalah sebuah fungsi yang dijalankan halaman website. Script akan berpengaruh pada cepat lambatnya proses loading pada halaman tersebut. Untuk itu, gunakanlah script yang sederhana agar proses loading tidak terlalu memakan waktu lama. Dengan memiliki proses loading yang cepat, maka mesin pencari juga akan senang merekomendasikan situs atau blog Anda kepada pengguna internet yang sedang melakukan pencarian.
Itulah 6 kriteria template yang SEO-friendly. Selamat mencoba dan semoga berhasil hadir di halaman pertama mesin pencari.
Selamat mencoba Selamat berkreasi Salam dari @CyberClown ,,,

2 comments:

  1. Makasih gan sangat membantu, kebetulan saya juga masih kurang paham tentang SEO

    ReplyDelete
  2. nice infonya gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete